Cara Mudah Cek IP Address Masuk Spam Blacklist

IP Address terdeteksi SPAM atau kena Backlist, suram. Sobat IwebTuts, masih hangat nih, kali ini saya akan kasih tahu bagaimana cara cek spam ip menurut yang saya tahu pastinya.
iwebtuts blacklisted spam

Setelah sekian lama berputar - putar tidak jelas akhirnya juga di ranah dunia maya tercinta ini hanya untuk satu hal saja yaitu cek ip spam akhirnya ketemu juga caranya. Cara cek ip spam atau ip blacklist ini saya rasa optimal karenanya saya coba share ke teman - teman semua mudah - mudahan sangat bermanfaat.

Cara cek spam ip ini bisa digunakan untuk cek reputasi DNS dan IP Publik dari suatu host ip atau ip pengguna pada suatu network jaringan. Misal cek ip kena spam dari IP yang digunakan pada kantor A.

IP Spam biasanya memang digunakan untuk spam. Saat ini sistem komputasi jaringan sudah lebih canggih lagi terutama para pemain besar pada bisnis konten di dunia maya. Spam yang dimaksudkan bisa berupa duplikasi konten yang telah ada sebelumnya secara keseluruhan maupun sebagian. Ambil contoh pada tulisan blog. Ada namanya copyscape. Tulisan yang benar - benar original dapat di simpulkan ialah tulisan artikel yang dinyatakan lulus oleh copyscape. Selengkapnya masalah copyscape silahkan Anda cari di google ya.

Dan atau spam yang dimaksud adalah menyebarkan konten tertentu secara massal. Tujuan penyebaran koten tersebut mungkin saja baik namun cara - cara spamming sangatlah tidak ramah terhadap pengguna. Tentu Anda pernah merasa kesal suatu saat menemukan email masuk pada folder spam dari alamat yang tidak dikenal dan atau tetap masuk inbok namun si pengirim pun sama tidak dikenal, so pasti UUD; ujung - ujungnya duit, penawaran produk tertentu dan sejenisnya.

IP publik yang lolos uji cek spam ip public tentu sangat berguna untuk kepentingan reputasi bisnis di dunia maya ini. Karena ip public yang lolos dari pengecekan spam benar - benar tidak memiliki footprint atau tanda jejak keberadaan atau penggunaan tidak wajar (*menyalahi aturan - red).

Dengan demikian prinsip dari authority suatu brand akan dengan mudah dicapai tanpa perlu repot - repot melakukan pembersihan history terlebih dahulu yang merepotkan apalagi bila history tersebut sudah sangat banyak dan beredar luas di berbagai media sharing. Tentu sangat - sangat dan sangaaat mereporkan bukan? Istilah cepatnya males deh keluar lagi biaya tambahan, bertambah lagi waktu penyelesaian project, nilai branding pun ikut - ikutan turun. Jangan sampai itu terjadi.

Cara Simpel dan Cepat Cek IP Kena Spam atau IP Digunakan Untuk Spam

Cek ip publik spam atau cek ip yg kena spam dapat dengan mudah Anda lakukan. Berikut caranya :

Pertama : Kunjungi website whoer dot net.
IP Address yang sedang Anda gunakan akan langsung di analisa otomatis begitu website tersebut dikunjungi dan hasilnya pun langsung terlihat dengan cepat. Contoh screenshoot dibawah ini.

check ip address spam via whoer net
check ip address spam via whoer net


Kedua : Kunjungi laman website ipblacklist checker dari ipvoid dot com.
Pada laman ipblacklist checker ini Anda akan diminta memasukkan alamat ip yang akan dilakukan pengecekan sehingga Anda harus tahu terlebih dahulu berapakah ip address yang sedang digunakan saat ini. Jangan khawatir, ipvoid akan menunjukkan ip address tersebut kepada Anda begitu laman ini dimuat. Contohnya sebagai berikut :

This service checks in real-time an IP address through more than 80 IP reputation and DNSBL services. To scan your IP address, type 121.100.17.194 in the form below:

Berikut tampilan IP Address information hasil scan ipvoid apakah ip Anda kena blacklist tau tidak.
cek ip kena spam via ipvoid com
cek ip kena spam via ipvoid com

dan ini tampilan live report dari ip yang sebelumnya dilakukan test blacklist.

report check ip address blacklist spam via ipvoid com
report check ip address blacklist spam via ipvoid com

Pada kedua skrinsut diatas IP yang saya gunakan terlihat nilai hasilnya merah. Yes dan Blacklisted. Dengan demikian saya registrasi akun apapun akan selalu dicurigiai. Padahal ip tersebut ip publik yang digunakan oleh lebih dari 1000 orang bukan hanya di Depok.

Melacak orangnya siapa yang telah melakukan perbuatan spam lebih sulit daripada melacak ip address mana saja yang eks spamming.

Sebelum terakhir, kawan, hindarilah nyepam di internet karena efeknya sangat merugikan khalayak. Anda yang melakukan keluarga, teman, tetangga bahkan orang yang tidak Anda kenal menanggung akibatnya juga, terblacklist dari semua fasilitas penayang konten digital sehingga bisnis konten apapun yang mereka lalukan sudah dapat dipastikan 50% akan gagal, kena suspend, kena blacklist, kena deindex search engine dsb.

Update 1: sekitar 10 menit pasca publikasi tulisan artikel ini.
Kelupaan bro. Bila link atau website untuk pengecekan ip address kena spam salahsatu atau keduanya tidak dapat dibuka bisa diartikan 2 hal; pertama, ip address Anda blacklist sehingga tidak diperbolehkan untuk load konten apapun, kedua ada penggunaan proxy atau firewall yang dengan sengaja melarang pengguna internet untuk mengakses website penyedia tool pengecekan dan sejenisnya.

update ini sudah saya buktikan pada jaringan dengan profil pengguna banyak yang pernah kena suspend channel youtube karena spamming koten dan tag video.

Demikianlah artikel cara cek ip dari spam kali ini. Mari berdiskusi, silahkan tinggalkan jejak komentar. Insya Alloh saya balas secepat mungkin.

Sampai jumpa lagi. :)

Komentar

  1. cara mengatasinya gimana ya gan?

    BalasHapus
  2. Dari awal built hanya publish konten sesuai tujuan market yang disasar. Misal konten kita berupa blog berisi artikel ada link affiliasi dari amazon us maka,,, buatlah .com dengan beli domain di trusted country misal us juga lalu hostingnya di us juga dan terakhir whois domain gunakan juga alamat dari trusted country dalam hal ini misal disamain semua dari US. Kalau dau terlanjur kena, perbaiki satu persatu. Dan terakhir jagan sembarangan bikin backlink hehehe

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bagus, dan membantu. Tapi sayangnya saya belum begitu paham dan butuh penjelasan lebih lanjut untuk mengatasi masalah yang saya hadapi.
    Selama ini saya berkomunikasi menggunakan alamat email official yaitu @unram.ac.id dan tidak ada masalah. Namun beberapa hari terakhir email saya sepertinya tidak diterima (atau mungkin masuk spam sehingga tidak terbaca oleh penerima), hal ini saya duga karena saya tidak menerima balasan otomatis seperti biasanya. Apakah hal ini juga terjadi karena ip adress saya diblacklist? Ngomong2, ip adress itu apa sih kak? 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. seseorang @unram.ac.id selain verifikasi dilevel internasional melalui AS Number, IP Gateway Publik, pada level aplikasi email juga ada, biasanya kebanyakan menggunakan F5. Nah, silahkan dicek oleh ITnya untuk beberapa hal yang saya sebutkan. Bila tidak suka nyepam baisanya karena salah setting di firewall dan F5 Spamhouse saja yang belum sinkron. Lain kali saya buatkan tulisan tersendiri mengenai spam di email.

      Hapus

Posting Komentar

Berikan tanggapan Anda untuk artikel pada postingan ini. Semua komentar tidak melalui tahap seleksi sehingga isi didalamnya merupakan tanggung jawab komentator. Saya berhak menghapus tanpa pemberitahuan apabila diperlukan.


Copyright © IWebTuts All right reserved | Advertise Here | Back to the top