Teknik Seo Dasar Cara Cek Google Index Melalui Google Footprint

Teknik Seo Dasar Cara Cek Google Index. Teknik SEO adalah sebuah teknik dalam menaikkan popularitas dan dominasi untuk menduduki peringkat terbaik hasil pencarian google index. Pada dasarnya google SERP hanya mengindex laman website yang memenuhi kriteria SEO.

pootprint Google Search Gabungan inurl dan intitle
pootprint Google Search Gabungan inurl dan intitle

Penting bagi para blogger pemula seperti saya mengetahui seo dasar. Setelah mengetahui apa saja yang termasuk dalam dasar Seo menulis artikel dan menduduki peringkat nomer wahid SERP atau google search sangat mudah. Menduduki google index yang saya maksud adalah permanen nomor 1 SERP google. 

Sebelum saya sampaikan lebih dalam alangkah baiknya kita belajar bersama terlebih dahulu istilah istilah yang digunakan. 
  1. SEO : singkatan dari Search Engine Optimization, SEO adalah sekumpulan teknik yang digunakan para internet marketing dalam menaikkan popularitas dan dominasi peringkat sebuah artikel pada SERP Google. 
  2. SERP Google atau SERP saja : singkatan dari Search Engine Result Position, SERP Google adalah hasil akhir pencarian sebuah keyword yang dikhususkan pada laman website search engine yang dimiliki oleh google atau pada lama google.com/google.co.id dan laman search engine google lainya. 
  3. Keyword : bukan singkatan, kata asal dalam bahasa inggris, arti kata dalam bahasa yaitu kata kunci. Kata Kunci atau Keyword adalam sekumpulan kata yang digunakan dalam membuat sebuah laman web atau artikel dalam mencapai posisi SERP Google terbaik. 

Baik, saya anggap sekarang kita sudah sama faham mengenai 3 kata kunci dasar yang digunakan dalam SEO. kata - kata dasar SEO ini selalu digunakan dalam pembicaraan mengenai index google dan artikel dan berakhir pada pembuatan sebuah domain yang mengarah ke keyword spesifik. (*mengenai domain menyusul yaks).


Saya sendiri memmbagi Teknik SEO dalam 3 tingkat, ketiga tingkatan SEO yang saya maksud yaitu mulai dari mulai SEO dasar, SEO Lanjutan dan Pakar SEO. Ok, mari kembalikan lagi mindset yang tadi hampir goyah ke dalam TEKNIK SEO DASAR.

SEO Dasar

SEO DASAR adalah sekumpulan kaidah atau pondasi teknik yang harus difahami oleh setiap webmaster dan internet marketer yang selalu digunakan dalam merancang sebuah blog, website atau menulis sebuah artikel.

Blogger atau webmaster pemula macam saya dalam membangun sebuah konten sering kali melupakan proses merancang. Padahal proses ini sangat penting. Dengan adanya rancangan awal yang sistematik memenuhi kaidah konten yang baik.

Konten yang baik adalah konten yang mampu memenuhi syarat dasar pengguna yaitu unik.

Selain ke-unikan konten jauh didalam cript website masih banyak yang harus dibenahi pun begitu jauh diluar sana dalam menghadapi bot search engine yang saat ini sudah mencapai seratusan lebih bot lalu lalang setiap detik juga eksistensi dari sosial media yang memaksa kita sebagai IM'ers harus patuh dengan botnya yang berjumlah ratusan pula.

Dengan demikian ...

SEO dasar adalah domain unik, artikel unik dan script yang enak dimakan oleh bot search engine juga enak dinikmati oleh bot sosial media.

Mari kembalikan lagi mindsetnya dengan melupakan kata domain. Kita disini hanya akan berbicara mengenai SEO DASAR.

Bagian Penting dari Dasar Teknik SEO

SERP atau google index sebuah momok bagi IM'ers. Tanpa SERP apalah arti sebuah konten. Tanpa google index apapun kontennya akan sia - sia. Bukan percuma, karena konten masih dapat diakses dari media promosi lain maupun langsung dibuka di browser. Namun, setidaknya kehilangan 90 persen kunjungan dengan hilangnya google index yang secara langsung menghilangkan SERP.

Disinilah letak dasar penting dari sebuah SEO. Yaitu bagaiman agar konten kita masuk dalam daftar google index dan lebih jauh lagi agar SERPnya bagus.

SERP sendiri setidaknya ada 4 yang bisa kita fokuskan.

  1. SERP Google.
  2. SERP Bing.
  3. SERP Yahoo.
  4. SERP Yandex 


Khusus IM'er Indonesia mengunakan nomor 1,2,dan 3 yang mana dominasinya saat ini dikuasia oleh nomer 1 yaitu google. Karenanya setiap pembicaraan mengenai SEo dapat dipastikan mengarah kepada google seo atau seo google.

Google SEO atau SEO Google adalah teknik dasar SEO yang digunakan untuk meraih posisi SERP Google terbaik dan mendominasi selamanya.

Untuk mencapai SERP google yang baik setidaknya dibutuhkan sebuah konten yang seo friendly.

IM'ers pemula macan saya pada tahap awal menggunakan jurus SEO Friendly sehingga lebih cepat ke index google dengan murah bahkan gratis.

Misalkan saja kita gunakan sebuah template dari blog semacam blogger dan wordpress yang sudah mendukung SEO, biasanya dikatakan sebagai sebuah template seo friendly, satu langkah sudah dilewati.

Saya sarankan apabila tidak mampu menyusun kode website sendiri untuk membeli template tersebut. Sampai disini, satu langkah sudah kita lewati dalam memenuhi pondasi dasar SEO.

Kenapa harus beli?

Selain konten artikel yang kita publish sekali lagi saya sampaikan, dibutuhkan skrip yang mendukung SEO. Disana ada lebih dari 400 bot yang siap melahap. Bayangkan, apabila skrip web kita amburadul. BOT tersebut akan malas memakan dan akhirnya kita kehilangan index bahkan lebih parah lagi kalau sampai kehilangan SERP.

Yang dimakan oleh bot adalah metadata seo, bukan konten sebuah blog atau website tapi skrip khusus yang tertanam didalamnya yang secara kasat mata sering kita malas untuk memperhatikan.

Metadata SEO setidaknya ada 2 type yang harus terpenuhi :

  1. Name dan Content
  2. Property dan Content.


Untuk memenuhi seo meta tag ini sekarang sudah ada seo friendly meta tag generator namun sebelum kita generate dengan tools otomatis penting juga untuk mengetahui apa saja yang harus ada didalamnya. Dengan demikian akan memudahkan dan mengenerate seo friendly meta tags itu sendiri.
Seo meta tag sebelumnya tidak bergitu digunakan namun seiring dengan berkambangnya teknologi mobile dan semakin pesatnya pengguna social media semakin mengukuhkan bahwa pada era sekarang ini yang terbaik adalah yang mampu mendominasi mobile dan sosial media. Karenanya skrip web diharusnya menyediakan makanan bagi bot sosial media dengan sebaik - baiknya.

Pun begitu, disiapkan pula template dynamic untuk versi mobile, dari mulai versi handphone wap sampai dengan tablet ukuran 10 inch yang sudah mendukung javascript dan browser sama persis desktop. Berbagai ukuran berbagai teknologi yang digunakan berbagai teknik untuk membuat konten tetap tersedia sepanjang waktu.

Prinsip dasar internet adalah ketersediaan informasi 24 jam penuh tanpa ada cidera sedetikpun oleh karenanya siapkan pula konten digital kita agar mendukung semua itu, kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah dengan menyeertakan script metadata yang seo friendly.

SEO Meta Code ada banyak ragamnya, berbagai macam contentnya, untuk satu ini diperlukan keahlian lebih lanjut agar selalu tersedia secara dinamis.

SEO Meta Code yang digunakan dan termasuk jajaran paling penting salah satunya adalah meta canonical.

SEO Meta Canonical adalah skrip khusus menyediakan laman alternatif dari setiap laman konten internet kita hal ini sebagai redundant apabila link utama tidak dapat diakses maka pengujung ataupun bot akan beralih kehalaman cadangan yaitu halaman canonical.

Seo Meta Canonical memastikan laman ini selalu tersedia sama vailabilitynya dengan laman utama. Pengujung tidak akan kehilangan waktu sedetikpun karena mengujungi lama eror code 404. Konten yang diinginkan selalu ada.

Seo friendly meta tags salah satunya meta canonical. Bagi pemula macam saya lebih simple dengan menggunakan seo friendly meta tag generator. Sekali klik semua ada namun tidak sesuai dengan yang diinginkan #green. A META Tag is the hidden text placed in the HEAD section of your HTML page. META Tags are used by most major search engines to index.

Meta Tag peletakkannya selalu berada diantara kode script dan . Metadata Tag digunakan oleh seluruh search engine untuk indexing konten.

Seo Friendly Meta Tags Example

SEO Meta Tag
SEO Meta Tag


SEO Meta Keyword dalam contoh sama masih gunakan, biarpun saat ini google sudah tidak lagi menggunakan parameter keyword pada meta sebagai acuan meranking sebuah konten ada beberapa web yang masih meng-crawl meta tag tersebut, jadi supaya lebih seo meta tags saya selalu tambahkan.

Demikian artikel singkat Teknik Seo Dasar Cara Cek Google Index Melalui Google Footprint. Artikel ini belum selesai, saya update lagi berikutnya. Menulis topik yang rada berat butuh pemahaman dan waktu lebih untuk menulis.

Copyright © IWebTuts All right reserved | Advertise Here | Back to the top