Aturan SEO On Page Cepat Terindex SERP

Aturan SEO On Page Cepat Terindex SERP. Kita akan membahas aturan SEO On Page supaya cepat terindex SERP dan dapat menghasilkan pengunjung hingga 10k UV per hari. Sudut pandang SEO dari manajemen produk dan marketing.

Sebelum kepala menjadi berat dan pening karena membaca tulisan yang panjang mengenai SEO On Page ini, buka terlebih dahulu youtube channel saya dan temukan dangdut koplo Rena KDI. 

Ok Sudah. Mari kita lanjutkan lagi ...


Youtube Liberal Trending Channel - Dangdut Koplo Rena KDI
Youtube Liberal Trending Channel - Dangdut Koplo Rena KDI

Search Engine Optimization (SEO) sangat diperlukan sebagai salah satu sarana untuk mendapatkan kunjungan tertarget ke website. SEO kerap dihubungkan dengan peringkat pencarian di search engine  atau biasa disebut SERP (Search Engine Result Page).

Keterkaitan SERP dan SEO adalah pada penggunaan. Semakin baik webmaster dalam menggunakan teknik - teknik SEO maka akan mempengaruhi nomor ranking pada hasil pencarian (SERP). Pun demikian, kekurangan informasi dan kesalahan penggunaan akan menurukan posisi hasil pencariaan saat ini. 

Semakin buruk penggunaan teknik SEO semakin besar nomor urut hasil pencarian.
Semakin baik penggunaan teknik SEO semakin kecil nomor urut hasil pencarian.



Website yang alamatnya ditampilkan pada halaman pertama urutan hasil pencarian memungkinkan raihan penugnjung lebih banyak. Secara psikologi, setiap orang akan malas untuk membuka ahalaman 2 dan selanjutnya dan akan lebih sering memilih nomor urut 1 (satu) pada halaman hasil pencarian yang ditampilkan. Dengan demikian, pemilik alamat web yang berada pada nomor urut 1 (satu) lebih besar kemungkinan mendapatkan porsi kunjungan lebih banyak.

15 Aturan Lengkap On-Page SEO


Implementasi Aturan SEO On Page diperlukan dalam mengembangkan sebuah web. Cepat terindex mesin pencari, mudah di kenali pengunjung, dan mudah di katakan lagi itulah kunci utama dari Search Engin Marketing modern. 

Berbicara native marketing dan implementasinya bukan hanya berbicara tentang teknik menulis dan mempresentasikan namun dipandang dari sudut psikologi pengguna produk sebagai usability dan reuseability.

Search Engine Optimization terbagi dua, yaitu SEO On page dan SEO Off Page. Pada praktik penerapannya kedua teknik Search Engine Optimization tersebut memiliki aturan - aturan tersendiri. Untuk memaksimalkan hasil penggunaan daripada teknik SEO On Page kenali aturannya terlebih dahulu.


Aturan On-Page SEO #1 : Penamaan Domain URI


Sebagian orang percaya bahwa nama itu penting dan sebagian lagi menapikannya, "apalah arti sebuah nama", "nama tidak akan dibawa mati". Baiklah, saya setuju dengan prasa penggalan kalimat yang kemua dan pertama namun saya lebih setuju bila dapat memiliki nama yang keren dan gampang diingat orang lain. 

Alasannya, nama keren dan gampang diingat tentu akan memudahkan pemiliknya tenar dan tidak cepat dilupakan oleh siapaun yang pernah bertemu dan membuat lebih loyal bagi yang sudah berteman. Siapun yang sudah berteman ketika membutuhkan pertolongan akan datang menemui nama yang cepat muncul diingatannya. 

Nama yang keren dan gampang diingat. Catet! Itu aturan SEO yang pertama.

Banyak blogger khususnya di Indonesia (*termasuk saya -red) pada saat awal nge-blog "memberikan alamat web dengan asal suka" sementara relevansinya dengan isi blog sangat tidak ada.



Misal saya kasih nama blog pertama : fct21. 

Sebuah nama yang mungkin gampang diingat karena hanya mengandung 5 karater dimana 3 huruf dan 2 angka. Bagi mata dan ingatan ini akan memudahkan, angka 21 dibelakang akan lebih lama diingat. Dengan sedikit sentuhan saja ketiga huruf dibelakangnya pun akan menjadi terasa lebih gampang diingat pula. Namun, sayang. fct21 tidak mencerminkan apapun.

Selain sebuah brand resmi yang jutru akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih untuk membuat brad fct21 sedikit dikenal. Bayangkan! Bagaimana jika ingin dibuat tenar? Sangat tidak disarankan. 

Menurut ilmu manajemen produk dan marketing ada aturan khusus dalam emmberikan nama. Sehebat apapun produk yang dibuat, sekuat apapun orisinalitas produk akan sangat tidak berarti bila tidak dibumbui dengan nama keren dan tenar. Maka, dalam memberikan nama sebuah URI blog pun demikian. Ikuti aturan manajemen produk Fahami cara - cara marketing yang benar.



Jangan hanya suka terhadap sesuatu lantas anda menamai alamat URI web log anda dengan apa yang anda sukai. Well, sekali lagi. Mungkin anda akan lebih bersemangat dalam menulis artikel dan lebih percaya diri dalam mempromosikan alamat URI web log anda namun sejatinya anda telah lupakan satu hal, bila masih ada cara yang lebih sederhana dan efektif kenapa harus dibuat susah dengan cara yang anda sukai?


Contoh penamaan URI web yang benar menurut ilmu manajemen produk dan disesuaikan dengan ilmu marketing modern



iWebTuts Salah Satu Contoh penamaan URI web yang benar menurut ilmu manajemen produk dan disesuaikan dengan ilmu marketing modern
Contoh Penamaan URI Website



Singkat cerita anda ingin membuat sebuah authority web yang membahas mengenai singkong. Segala hal yang akan ada dalam web log tersebut hanya mengenai singkong. Dari mulai singkong mentah, cara penanaman singkong, cara memberikan pupuk pada lahan singkong yang benar sampai pengolahan singkong hingga menjadi produk rumahan menghasilkan bagi iru rumah tangga.

Ingatan pertama : Singkong, bagaiman singkong menjadi powerfull dengan teknik on page SEO. Catet! Lantas, luangkan waktu Anda sedikit lebih banyak lagi. 

Fikirkan lebih detail dari mulai singkong ditanam sampai singkong tersebut selesai dimakan apakah ada prasa kata lain yang sudah tenar di telinga pendengar. Siapapun pendengarnya. Singkong Rebus! ya ya.. Setiap orang di Indonesia sudah hafal dengan yang dinamakan singkong rebus, but well, it's so sad untuk sebuah nama.



Apakah anda rela di panggil singkong rebuh? (*Saya sih lebih memilih makan singkong rebus) #tring.... Ada ide Website yang ingin anda buat semua tentang singkong, artinya anda sudah memiliki topik bahasan yang spesifik dan sudah pasti memiliki penggemar yang sudah dapat diperkirakan. (mengenai ini akan dibahas di artikel marketing selanjutnya). Ini sudah sesuai dengan kriteria dasar sebuah produk dan tentunya tidak akan membuat repot apabila ingin dipromosikan karena semua orang sudah mengela singkong. 

Coba tambahkan satu dari dua kata ini dan Anda cermati apakah menurut Anda, sudah sesuai penamaannya dan "eye catching" juga mudah diingat?
  1. Bandar Singkong jadi www.bandarsingkong.com
  2. Raja Singkong jadi www.rajasingkong.com
kedua nama singkong diatas sepintas memiliki kesamaan, namun apabila ditelaah lagi ternyata masing-masing memiliki bahasannya sendiri, mempunyai niche yang jelas - jelas berbeda. Itu salah satu contoh memberikan nama yang menjual bagi web log Anda. Nama diatas sudah memiliki authority sejak lahir sehingga hanya sedikit sentuhan On Page SEO saja akan segera tenar.

Siap-siap saja bila Anda pun ikut populer. Lebih banyak mengenai nama yang sesuai dengan aturan produk dan marketing di bahas di artikel lain. Panjang, bisa 10k kata. Akhirnya singkong pun semakin terkenal dengan adanya aturan SEO.  



Aturan On-Page SEO  #2 : Bagaimana Sebuah Web di Bangun


Well, setiap membahas bangunan web setiap netter pasti sudah sangat familiar dengan prasa "Web Building". Ya. mungkin kata yang sama apabila di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. "Membangun Web. Cermati sekali lagi, adakah yang salah? 

Cermati lagi sekali lagi, adakah perbedaan diantara keduanya selain beda bahasa? Cermati lagi sekali lagi dan lagi adakah persamaan diantara kedua prasa tenar di dunia internet masa kini tersebut? Saya pastikan untuk menjawab TIDAK! sebelum Anda menjawabnya. 

Looh... Membangun sebuah website sama halnya seperti anda ingin pergi dari Bandung ke Jakarta. 

Web Building sama halnya dengan Anda sudah berada didalam Bus dan santai menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Sebuah web di bangun dengan penuh perencanaan yang jelas, komprehensip, terukur dan dapat di hitung. Catet! Jangan gegabah beli domain dan hosting dengan sebuah nama yang niche banget sementara Anda belum membuat manajemen proyek dari web tersebut. 

Sebelum benar-benar naik ke dalam Bus, sempatkanlah luangkan waktu anda minimal 1 hari untuk memikirkan satu persatu detil dari web yang akan anda jalankan tersebut.  

Aturan On-Page SEO  #3 : Pengambilan Keputusan Terhadap Niche Keyword, Tema Utama Web



Niche Keyword dalam sebuah web sangatlah penting. Ibarat rumah tinggal, memiliki nama tempat perumahan A dengan warna khas hijau misalnya. Niche Keyword utama dari website sangat menentukan seberapa luas jangkauan konsumen nantinya. 

Keyword yang dipakai sebagai niche web ini nantinya akan secara otomatis menyebarkan pesonanya dan membujuk setiap calon konsumen melalui perlakuan search engine marketing. Banyak diantara para blogger yang sudah menghabiskan banyak modal hanya untuk mendapatkan 1 buah niche keyword yang diinginkan.


Niche Blog Caused Digital Virals
Niche Blog Caused Digital Virals


Sebab, semakin unik sebuah kata semakin menjadi ciri khas dengan demikian ketika ada calon konsumen mencari kata - kata khas tadi maka tidak akan datang ke salah tempat melainkan ke web yang memiliki niche keyword yang khas tersebut. Niche keyword berhubungan dengan seberapa besar raihan pelanggan web nantinya.

Tentukanlah keyword atau topik khas website anda dengan cermat dan efektif agar raihan konsumennya pun dapat terukur secara pasti. Tema yang baik setidaknya memuat list dibawah ini :
  1. Menarik perhatian penulis
  2. Dikenal dan diketahui dengan baik
  3. Bahan-bahan ide tulisan dapat diperoleh dengan mudah
  4. Ada batasan ruang lingkup bahasan

Aturan On-Page SEO #4 : Alamat dari Setiap Halaman



Alamat dari setiap halaman atau judul dari  tiap bab yang akan dibahas Kita ingat kembali pelajaran bahasa Indonesia saat SD dahulu. Kita diajarkan untuk mengarang bebas. Sebuah karangan yang benar-benar bebas kreasi. Kreasi murni dari pemikiran anak kecil yang dituangkan menghasilkan banyak konten berkualitas , sayangnya masih banyak ketidak sesuaian antara judul karangan bebas dengan isi dan masih banyak bounce rate dalam konten karangan. 

Kita maklum, masih SD sudah bisa mengarang bebas 500 kata atau 1 halaman A4 bolak balik sudah sangat berbakat. Membuat sesuai judul dan tema konten karangan membutuhkan sedikit tambahan ruang fikir. 

Membuat judul dan tema yang menarik dari sebuah karangan hingga mampu mendapat kesesuaian sangatlah tidak mudah. Ini adalah SEO Modern. 

Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik. Judul artikel diusahakan tidak lebih dari lima kata, tetapi cukup menggambarkan isi bahasan. 

Web log adalah aset. Jangan sekali-kali menjadi blogger kacangan. Jadilah pengarang bebas yang mampu membuat seni sesuai tema, judul dan isi karangan yang bebas dari tekanan kepentingan manapun. Orisinalitas sebuah konten sangat ditentukan dari pemilihan tema utama web. 

Semakin tidak jelas tema yang di pakai, sudah dapat dipastikan 80% isi web log Anda hasil copy paste. 

Jangan sampai melanggar aturan SEO !!!.  

Aturan On-Page SEO #5 : Title Tags



Dalam penulisan yang baik setiap penjelasan dari sub topik utama selalu dipisahkan dengan atribut-atribut, baik itu penomoran maupun penebalan karakter yang berbeda. Dalam penulisan jurnal biasa dikenal penegasan sub topik ini dengan atribut romawi. Misal Bab I, Bab II, Bab III dan seterusnya.
  1. Penulisan atribut sub topik yang jelas akan memudahkan untuk dikenali ketika akan membuat halaman khusus daftar isi.
  2. Atribut penegasan dari setiap sub topik memungkinkan pembaca dapat loncat dengan cepat dari halaman satu helaman topik lainnya.
Inilah faktor utama dari search engine marketing selama ini banyak diperbincangkan. Pakar SEO dari native content advertising menyebutnya dengan On Page SEO.

Ingat-ingat sekali lagi dan usahakan : Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik. Judul artikel diusahakan tidak lebih dari lima kata, tetapi cukup menggambarkan isi bahasan. On Page SEO dalam native content advertising sangat diperlukan. Implementasi dari promosi konten akan sangat tidak berguna bilamana native content yang diusung tidak memiliki khas sama sekali.  

Aturan On-Page SEO #6 : Header Tags



Sub topik sebuah tulisan kadang memiliki sub topik lagi. Sama halnya dengan title tags, sub topik ini pun harus memiliki atribut-atributnya sendiri. Misal, tulisan tentang resep masakan memiliki rincian bumbu yang harus ada. Kebanyakan akan menuliskannya dengan ordered list ata un-ordered list otomatis. Tanda titik bulat hitam besar, angka 1 sampai dengan 10, tanda centang dan seterusnya. Bahkan ada yang membuatnya lebih menarik dengan menambahan background dan gambar-gambar. 
  

Aturan On-Page SEO #7 : Menggunakan kata-kata Keyword dengan benar


Keyword menjadi sangat penting ketika tulisan itu mulai dibuat. Penggunaan keyword yang tepat akan mempercepat posisi rangking tulisan di search engine. Adapun kata-kata keyword yang tidak tepat akan membuat lebih sulit ketika melakukan search engine optimization. Pilihlah satu dua kata yang akan dijadikan kunci utama atau ruh dari tulisan. Misal tulisan tentang obat pencahar perut. Gunakan prase "obat ppencahar perut" dengan lebih sering. Penggunaan yang lebih sering akan membawa psikologi pembaca untuk sedikit-sedikit mengingat kata-kata tersebut.  

Aturan On-Page SEO #8 : Kepadatan Kata Kunci


Masih berhubungan dengan kata- kunci atau dalam bahasa inggris Keyword dalam on page SEO. Kepadatan kata-kata yang dijadikan kunci utama tulisan harus diperhatikan. Pertimbangannya, terlalu sering disebut akan membuat benci pembaca, lebih sedikit malah akan membuat bingung. Baiknya gunakanlah dengan bijak. 


Search Engine Optimization - Keyword Density maksimal 2 persen (%)
Search Engine Optimization - Keyword Density maksimal 2 persen (%)
 

Aturan On-Page SEO #9 :Penggunaan Gambar


Mata adalah komponen penting terdepan dari manusian. Melalui mata inilah semua keindahan mulai ditangkap dan di cerna kedalam fikiran hingga dikeluarkan lagi menjadi suatu keputusan. Gambar memiliki nilai lebih dari beribu-ribu kata. Cukup dengan satu gambar. Gambar merupakan karya yang dituangkan dari jiwa, bukan milik orang lain, menjiplak apalagi mencuri. Gunakanlah gambar yang sesuai dengan tema bahasan. Gunakan juga gambar-gambar teersebut dengan bijak. Jangan sampe karena satu gambar mampu mengalahkan ribuan kata, lantas diperbanyak gambar yang akhirnya memberatkan server.  

Aturan On-Page SEO #10 : Link Rujukan di dalam Web dan Keluar dari Web



Teknik ini sejatinya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Setiap pengunjung dipermudah untuk me-navigasi laman demi lama dari isi web. Pemberian link lama serupa, baca juga atau postingan disarankan mampu meningkatkan durasi kunjungan lebih lama. Durasi kunjungan sangat penting, semakin lama berkunjung semakin penting tulisan tersebut dimata search engine.  

Aturan On-Page SEO #11 : Halaman Resmi


Layaknya produk unggulan lainnya, tentu web pun memiliki alamat. Bila produk unggulan offline akan memberikan informasi alamat kantor atau pabrik, sebuah web log pun harusnya mengikuti. Laiknya sebuah produk, kejelasan nama, alamat kantor, dan siapa pemiliknya, kepercayaan dibangun dari adanya halaman resmi ini. Halaman resmi dalam webuah web disesuaikan dengan kondisi-kondisi tertentu. Nyatanya, sebuah web log bukanlah barang ada bentuknya. Namun demikian identitas dari web log tersebut posisinya sama kuat dengan produk offline. Digital marketinglah yang berperan besar membesarkan web log hingga kini hampir menjadi tujuan utama, baik itu mencari rujukan atapun memasarkan produk.  


Aturan On-Page SEO #12 : Tulisan Web log


Strategi marketing ataupun strategi promosi sangat mempengaruhi tingkat penjualan suatu produk. Tulisan termasuk salah satu faktor penting penentu dari suksesnya penjualan suatu produk. Semakin baik dan menarik tulisan, akan semakin disukai pembeli sehingga akan mendapangkan kesempatan lebih besar untuk mendapatkan omset. Jika content marketing dalam duni offline hanya berisikan beberapa paragrap sajs sudah sangat cukup, lein halnya dengan duni online. Satu dua paragrap sangat kurang untuk menggambarkan betapa bergunanya produk yang diusung. Dalam dunia marketing dikenal istilah panjang kata, tinggi kata dan lebar kata. Maka pun begitu dengan web log, semestinya. Implementasinya akan sangat beragam tergantung dari siapa penggunanya. 



Aturan Search Engine Optimozation - Panjang Kata Tulisan Blog 300 word
Aturan Search Engine Optimozation - Panjang Kata Tulisan Blog 300 word

Seorang programmer akan menerapkan sebagai line-height dan font-weight. Sedang blogger master akan menerapkan sebagai jumlah susunan kata minimal dalam sebuah artikel. Ada yang menerapakan dengan minimal sekali 300 kata, dan yang lebih populer minimal panjang 400 kata. Lebih master lagi akan menerapkan 100, 2000, 5000 bahkan saat ini sudah mencapai 10.000 kata dalam sekali buat tulisan. So, perhatikan tulisan Anda, apakah sudah sesuai dengan kata kunci tema dan apakah sudah mampu menggambarkan produk tulisan Anda? Jangan menyerah untuk selalu berkreasi.  

Aturan On-Page SEO #13 : Gunakan Sitemap

Sitemap Salah Satu Teknik Penggunaan SEO On Page
Sitemap Salah Satu Teknik Penggunaan SEO On Page

Yang satu ini bisa dibilang kurang penting. Karna pada dewasa ini Search Engine tidak lagi menggunakan metode jemput bola, namun sudah lebih ke daftar isi saja untuk memudahkan search engine mengambil data isi website dan menampilkannya dalam lama hasil pencarian.  

Aturan On-Page SEO #14 : Link ke luar di blog ke Web Otoritas



External links SEO atau memasang link ke luar di blog banyak digunakan oleh para master sebagai sarana untuk membuat Backlink blog atau website agar blog atau website yang alamat webnya dicantumkan dalam artikel web atau blog tersebut cepat ter-index oleh search engine. 




Robot crawl Search Engine (*bot mesin pencari) akan menyatakan bahwa blog atau website yang alamat webnya dicantumkan dalam artikel web atau blog lain sebagai rujukan merupakan web authority, web atau blog yang dapat dipercaya kualitas konten artikelnya, sehingga akan ditempatkan lebih baik pada halaman hasil pencarian di urutan teratas. 

Hanya karena blog atau web lain menggunakan tips SEO memasang link keluar di blog. Dalam hubungannya, sebuah link ada berdasarkan referensi tulisan yang dibuat. Tulisan tentang kesehatan tentu akan mengaitkan tulisannya dengan tulisan kesehatan lain sebagai rujukan. Memasang link di blog akan mempermudah index-ing (pengurutan kelompok) tulisan.  

Aturan On-Page SEO #15 : Penggunaan Tag Gambar


Satu hal lagi mengenai aturan On Page SEO yaitu penggunaan tag gambar. Pernahkan memeperhatikan posisi caption gambar? Baiknya ditengah, di kiri atau dikanan gambar atau malah ditempatkan diatas gambar? Selain permasalahan diatas ada yang lebih spesifik namun jarang yang menerapkan, yaitu tag gambar. 



Dalam software engineering website dikenal istilah html tag dan untuk selanjutnya ada image tagTag inilah yang dimaksudkan. Atribut tag image ini nantinya digunakan oleh search engine berbentuk gambar dalam menampilkan hasil pencarian yang sesuai. Selain kontek tulisan yang harus diperhatikan, perhatikan juga On Page SEO untuk gambar. Sertakan judul gambar dan keterangan gambar yang jelas dan menarik agar proporsi kunjungan semakin meningkat.



Akhir kata, terimakasih sudah membaca tulisan panjang mengenai aturan SEO On Page. Silahkan menulis komentar untuk memberi masukan list tambahan aturan SEO On Page atau menanggapi tulisan aturan SEO On Page ini.


Komentar

Posting Komentar

Berikan tanggapan Anda untuk artikel pada postingan ini. Semua komentar tidak melalui tahap seleksi sehingga isi didalamnya merupakan tanggung jawab komentator. Saya berhak menghapus tanpa pemberitahuan apabila diperlukan.


Copyright © IWebTuts All right reserved | Advertise Here | Back to the top