Kesalahan Terbesar Dalam Aplikasi SEO Images

Kesalahan Terbesar Dalam Aplikasi SEO Images - Aplikasi SEO khususnya Image adalah salah satu teknik yang harus difahami setiap blogger agar setiap konten yang di publikasikan sampai ke para pembaca sehingga maksud dan tujuan dari penulisan konten tersebut tersampaikan dengan baik.

Kesalahan Aplikasi SEO Image via IWebTuts
Aplikasi SEO Image via IWebTuts


Konten yang baik menurut saya adalah konten yang kaya raya. Yaitu sebuah materi yang berisi menu komplit; dari mulai text, gambar, daftar urut, tabel, hingga vidio. nah, kita lihat, gambar masuk salah satu daftar penting dari sebuah konten berkualitas karenanya sekali lagi, penting pula seorang publisher konten khususnya blogger memahami sepenuhnya apa itu seo images.

Back to Our Natural Habbits! 

Inilah 5 kesalahan terbesar sepanjang sejarah dalam aplikasi penerapan SEO Image :
  1. Tidak Sabaran. Untuk mendapatkan traffic atau kunjungan yang banyak dengan cepat digunakan gambar - gambar yang tidak patut dan menyalahi aturan yang berlaku. Gambar - gambar terlarang tersebut memang lebih dari epektif untuk menjaring pengunjung. Dont to it! Berhenti dan tobat kawan!
  2. Pemarah. Lapora melaporkan rupanya menjadi kebiasaan kebanyakan konten publisher Indo. Isi konten jauh dari kata orisinil malah melaporkan DMCA dan strik down akun orang lain alhasil dia sendiri kena karma kena kick DMCA dan strike down balik.
  3. Panjang Tangan. Ketika membuat artikel dengan keyword yang sama dengan kompetitor keyword pun sudah sama alhasil gambar yang digunakan merupakan hasil comot dari halaman kompetitor. Alhasil, jadi 2 artikel dengan konten yang sama. Salah satu kena deindek karena spam atau kedua -duanya kena teguran paling tidak itu yang akan terjadi.
  4. Pemalas (Malas menimba ilmu, malas upgrade ilmu, malas menerima masukan dari orang lain). Yang ini sudah jalas ya. Bila ingin faham bagaimana penerapan teknik seo image maka pelajari segala hal yang berhubungan dengan gambar. Terus dan terus pelajari hingga mafhum.
  5. En Dab Lek ! Maksudnya udah tahu salah, dilarang pula masih saja dilakuin. Kalau kena pentung kora - koar. Ini nih calon dapat dolar banyak dari internet.


itulah kelima hal yang sering saya alami dan lakukan dalam perjalanan sebagi penayang konten. Saya rasa, lebih dari 50% dari teman - teaman juga suka melakukan hal yang sama, kita sama - sama lupa, siapa dan apa lalu bagaimana.

Kenapa saya sampaikan hal - hal yang dirasa OOT? Mari kita simak bersama.

Dalam sebuah seo image optimisation, banyak yang berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik karena pandangan mata dapat silau dengan tampilan yang dihadapkan, namun sejatinya penayang konten dan penikmat sedang sama  - sama lupa. Sekali lagi saya katakan, kita sedang lupa.

Kenapa Lupa?

Kita hidup didunia ini tidak sendiri, buktinya, platform untuk menayangkan konten yang kita gunakan adalah milik orang lain. Kita hanya sebagai pengguna dan penikmat. Yang mungkin ... sama jua, sebagai korban dalam jangka panjang.


Penayang konten memang diuntungkan dengan menerapkan seo image pada tulisan - tulisan onlinenya. Oits, tunggu dulu, apakah Anda sudah benar - benar yakin bahwa yang Anda lakukan sudah benar?

Mari saya kembalikan sebentar ingatan Anda.

Pembuat platform atau tool untuk publikasi konten tentu adalah manusia normal yang selalu ingin berlomba - lomba pula dalam kebaikan, istilah lamanya hari ini lebih baik dari hari kemarin. Pun begitu, yang sangat kita kenal baik, Google Image.

Seo image yang kita terapkan tanpa terasa sejatinya harus melewati dulu pemeriksaan kepatutan dan kelayakan seo image metadata. 

Flow detailnya sebagai berikut :

Sebuah gambar => melewati pemeriksaan Vision Deep CNN -> di generate otomatis dengan Language Generating RNN => Tahap pencocokan title dan deskripsi dari gambar tersebut => Result as SEO

Barulah terakhir dengan alghoritma tertentu dikeluarkan output berupa kecocokan dari semua data terhadap masukan permintaan dari pengguna search engine, baik itu Google Search ataupun Google Image dan sejenisnya.


Saya tidak memahami lebih dalam tekniknya, saya akui, saya tidak sempat duduk dibangku kuliahan untuk mempelajari Matematika dan Fisika, saya yakin teman - teman lebih memahami bagaimana image metadata itu diciptakan dan digunakan.

Flow pada seo image metadata tersebut menggunakan kedua teknik berikut:
Pertama : Recurrent neural network.
A recurrent neural network (RNN) is a class of artificial neural network where connections between units form a directed cycle. This creates an internal state of the network which allows it to exhibit dynamic temporal behavior.  (https://en.wikipedia.org/wiki/Recurrent_neural_network)
Kedua : BLEU.
BLEU (bilingual evaluation understudy) is an algorithm for evaluating the quality of text which has been machine-translated from one natural language to another. Quality is considered to be the correspondence between a machine's output and that of a human. (https://en.wikipedia.org/wiki/BLEU)

Ternyata dan ternyata ... semua tidak terlepas dari pantauan si pemilik tool atau platform publishing dan pasti selalu di lakukan update sehingga muncul istilah Google Panda, Google Penguin dan seterusnya. Silahkan dipelajari lebih dalam lagi supaya lebih faham bagaimana cara sebenarnya "how to use seo friendly images

Karena .... a picture is say thousand word maka harus tahu juga bahwa a picture is worth thousand coherent. Disanalah publisher dapat mempelajari dan memahami lebih jauh sebanarnya apa sih seo image.

Saya rasa cukup sedikit kata pembukaan sebagai perkenalan kita :)

Lanjutt gan, mari bersama - sama mempelajari "how to seo images in google".

Bagi pengguna wordpress (*saya), sudah banyak seo image plugin yang dapat digunakan bahkan dengan gratis sehingga tidak perlu terlalu repot dan terlalu pusing alam menangani masalah seo image ini.

Seo image wordpress plugin sudah banyak sekali saat ini bahkan semakin banyak, ada ini, ini dan ini juga yang ini tidak kalah hebatnya. Tentukan pilihan Anda sekarang, mau manual melakukan seo in images ataukan otomatis dengan bantuan plugin - plugin.

How to optimize image seo


Baik, setelah sepanjang ini, saya akan sampaikan teknik seo image yang saya fahami dan terapkan.

Sebelum beranjak lebih jauh, saya batasi permasalahan pada penggunaan platform blogger dan wordpress yang saat ini saya gunakan, untuk drupal, joomla dan cms lainnya yang berjumlah lebih dari 40 silahkan sesuaikan ya.


Seo images best practices


Seo image sebenarnya sangatlah mudah, cukup terapkan langkah mudah berikut :

Seo Image Filename

image filename secara otomatis output dari mesin foto akan berupa nomor urut misal img001,img002 atau berupa DSC001,dsc002 dan seterusnya. Untuk mendukung SEOnya Image gunakanlah nama gambar yang sesuai, misal gambar awan makan kasih nama file tersebut dengan awan.akhiran. lebih baik lagi menggunakan prinsip long tail keyword sehingga hasil akhir menjadi : awan putih indah di angkasa Jakarta misalnya.

Ada beberapa peredebatan kecil mengenai penamaam gambar, salah satu pihak berpendapat namai saja dengan sisipan keyword dengan spasi seperti biasa, 

kubu lain ada yang berpendapat bahwa penggunaan teknik seo image names underscore lebih efektip, yaitu mengganti spasi pada setiap kata dalam nama file dengan underscore (*garis bawah). Hasil akhir nama file menjadi awan_putih_indah_di_angkasa_Jakarta.

Saya sendiri lebih suka dengan teknik lainnya, yaitu tekni seo image hyphen. Teknik ini mengganti semua spasi setelah setiap kata menjadi strip sehingga hasil akhir menjadi awan-putih-indah-di-angkasa-Jakarta.

Seo Image File Size

Coba tengok ke setingan lanjut pada google image, disana ada pilihan untuk menentukan ukuran lebih detail dari sebuah gambar. Disinilah fungsinya seo image file size. Sesuaikan setiap gambar yang kita gunakan pada tayangan konten sesuai list ukuran yang terdaftar pada setingan google image search agar lebih efektip lagi. Tidak pun di sesuaikan tidak masalah, karena pada umumnya pengguna tidak mempermasalahkan ukuran asli, yang penting terlihat jelas dan deskriptip sudah cukup menarik mata pengguna untuk melakukan klik.

Seo Image Exif

Seo image exif ini berhubungan dengan metadata dari file seperti yang sudah saya bahas diatas bagaiama proses Google Image crawl sebuah gambar. 

Image exif memastikan keakuratan dari data konten yang akan ditayangkan. Semakin sesuai maka semakin besar peluang untuk menjadi nomor wahid pada hasil pencarian. Image exif pun terkait copyright. Kalau kita perhatikan lagi pada setingan lanjutan image search adan pilihan type image, apakah itu dengan copyright atau image bebas pakai. Nah, disinilah image exif menunjukan perannya.

Seo Image Title

Banyak bahasan mengenai title yang seo friendly, termasuk image title saran - saran yang bersebaran menganjurkan untuk menyamakan nama file gambar dengan judul dari postingan. Cukup copy dan paste. Bagaimana jika dalam satu postingan terdapat lebih dari 1 file gambar yang dimuat? tentu tidak bisa dengan hanya copy paste. Solusinya, cari keyword turunan atau correlate dari artikel dan gambar tersebut, berikan nama file gambar tambahan dengan keyword - keyword turunan tadi sehingga artikel pun menjadi kaya keyword dan semuanya berkesinambungan tentunya.


Hati - hati dalam penggunaan keyword turunan ini, sebelum menggunakan coba cermati dulu apakah hasil pemahaman dari kaliman long keyword tersebut seuai atau tidak. Sebab jika tidak, konten artikel yang dimuat akan dianggap spam secara otomatis oleh mesin google menggunakan teknik flow saya sebutkan sebelumnya RNN dan Languagenya.

Seo Image Alt Text

Agar image yang dipubklikasikan dalam tulisan lebih seo friendly gunakanlah alt text pada setiap gambar yang dimuat, alt text bisa berupa judul artikel atau long tail keyword turunan yang dibidik. Penggunaannya pun sama dengan image title, jangan spamming konten kalau tidak mau deindex tiba - tiba.

Seo Image Caption

Pada platform blogger dan wordpress atau kolom isian "caption" atau "wp-caption". Isikanlah secara singkat dan jelas dari isi gambar yang dimuat diatasnya. 

Karena caption ini biasanya selalu muncul tepat dibawah tampilan gambar pada postingan.

Caption ini memudahkan pengguna dalam mengetahui apa maksud dari gambar yang ditampilkan dan dapat juga memprovokasi pengguna agar lebih tahan lama berada pada halaman artikel yang sedang dibacanya. Diam ditempat memperhatikan gambar diatasnya atau skrol kebawah untuk membaca lanjutan artikel dengan lebih semangat.


Seo Image Description

Kadang, saya sendiri lupa menambahkan yang satu ini. Untuk menambahkan dekripsi dari image yang ditampilkan sering membutuhkan sedikit tambahan waktu supaya kata - kata yang kita sampaikan dalam deskripsi menjadi sesuai dan tidak hox semata - mata yang akan menyebabkan pengguna kecewa. 

Deskripsi image muncul pada hasil google image search tepat dibawah title image. Deskripsi image yang sesuai dapat menarik pengguna untuk berkunjung ke halaman asli dari gambar yang ditampilkan. Ini yang kita inginkan sehingga pengunjung artikel bertambah banyak bukan?

7 list diatas saya rasa sudah sangat cukup untuk melakukan teknik seo image dalam rangka menambah pengunjung dari search engine atau SERP Google Image Search

Demikianlah artikel singkat mengenai seo image khususnya bagi penayang konten artikel atau blogger. Saya rasa tidak ada salahnya juga kok kalau developer membaca artikel ini. hehehe.

Terimakasih sudah membaca sampai kata - kata paling bawah, semoga bermanfaat dan setelah ini pengunjung blog meningkat drastis hingga 500%. 

Beri komentar ya! Sampai jumpa lagi sobs ....

Komentar


Copyright © IWebTuts All right reserved | Advertise Here | Back to the top