Beralih ke Google Adsense Auto Ads? Tunggu Dulu, Jangan Grasak Grusuk

Google Adsense memiliki fitur baru namanya Auto Ads. Sangat menarik untuk dicoba. Apakah benar mampu meningkatkan pendapatan publisher? yuks simak selengkapnya.

Bagi para penayang (*publisher) dengan adanya update terbaru dari Adsense dengan meluncurkan AdSense Auto Ads merupakan angin segar karena pada dasarnya auto ads lebih fokus terhadap placement terbaik dan revenue tertinggi yang sudah dioptimalkan sedemikian rupa dengan konten yang disajikan.  Auto Ads menggunakan tool berupa machine learning untuk menangkap dan mengetahui penempatan terbaik dan menempatkannya saat itu juga.

Siapkah dengan Iklan Type Google Adsense Auto Ads?


Apakah blog iwebtuts sudah menerapkan google adsense auto ads ? Belum gan, sama sekali belum ada minat untuk menggunakan auto ads.

Auto ads memang bagus, saya sendiri setuju dan appreciate dengan peluncurannya. Ada optimasi disana dan optimisme yang cukup besar bagi para publisher. Khususnya untuk teritori Indonesia kedepannya akan lebih meyakinkan lagi publishernya mampu mendapatkan revenue optimal. Tidak seperti selama ini, page view sudah begitu banyak hingga jutaan, impressinya tinggi, view ablenya juga bagus diatas 85% belum ditunjang dengan klik dan action after visit namun pendapatan masih saja dibawah upah minimum regional. :D

Kalau begitu terus, publisher akan malas berfikir untuk membuat konten kreatif. Ngeblog hanya asal nulis. Bahkan lebih parahnya lagi auto generate content akan semakin menjamur. Karena saking sulitnya menembus UMR karena semakin meningkatnya kebutuhan harian untuk menjalani kehidupan sebagai seorang blogger. ahaha

Seperti update sebelumnya mengenai kecepaan loading situs dengan diterbitkannya accelerated mobile pages (AMP) pun begitu dengan Adsense Auto Ads (AAA) ini. Untuk diketahui, sampai saat ini, google sendiri belum menyediakan template AMP Ready pada platform miliknya yaitu blogger atau blogspot seperti yang sedang Anda baca ini. Kecepatan loading blog blogger atau blogspot masih mengandalkan nearby present of point dimana lokasi pengunjung membuka maka dilayani dengan DNS dan IP Address server terdekat. 

Karenanya jangan heran kalau di dashboard adsense Anda tiba - tiba banyak domain berakhiran blogspot.blabla.

Sebenarnya untuk pengguna template bawaan blogger yang terbaru adsense auto ads sudah dapat diterapkan. Walaupun nanti penempatannya tidak sepenuhnya mengandalkan machine learning dalam arti placementnya tidak 50%+ optimal namun bisa irit kode. Dengan satu kode sudah tampil iklan dibanyak tempat.




Coba anda tengok kode source kode template - template blogger yang baru pasti sudah ada kata - kata script bertuliskan adsense. Nah, disanalah nanti iklan akan tampil.

Untuk pengguna custom blogspot template macam saya, adsense auto ads ini belum dapat dikatakan optimal. Sebab masih banyak penempatan yang berantakan disana sini. Yang seharusnya terlihat jelas malah tertutupi iklan, yang seharusnya iklan muncul pada header malah muncul di footer. yang seharusnya sudah akhir dari lama berupa footer eeh malah masih ada iklan lagi.

Secara garis besar dapat dikatakan tidak melanggar kebijakan penayangan iklan sebab iklan - iklan tersebut walaupun jumlahnya terlalu banyak dan penempatannya rada - rada aneh, dihasilkan dari kode adsense sendiri. Sehingga tidak akan menyebabkan finalty terhadap situs blog Anda.

Ngomong - ngomong masalah finalty, google sangat tidak menginginkan penempatan iklan apda blog dengan type iklan melayang. Baik itu iklan dari adsense maupun iklan mandiri. Rata - rata blog yang menayangkan iklan melayang (*apalagi dari adsense) tidak dapat bertahan lama kerjasama bisnis dengan adsense, paling lama 3 bulan iklan by googlenya sudah hilang. Lebih ok lagi traffiknya jadi menurun drastis terkenal sandbox dan sebagainya.

Nah, google adsense auto ads ini adalah solusi tepat bagi kita - kita para penayang pengguna iklan melayang - layang bagai layangan. Selama ini yang jadi harapan adalah pendapatan meningkat bukan?

Dengan google adsense auto ads ini, pendapatan akan dioptimalkan melalui penempatan dan jenis iklan yang sesuai. Lebih targetted lebih view able sudah barang tentu akan menghasilkan lebih banyak lagi klik dan pendapatan pun meningkat drastis.

Akankah saya beralih ke auto ads? Tidak. Saya akan tetap membiarkan yang sudah terpasang dan aktif.

Tertarik memang, sangat tertarik untuk berexperiment dengan auto ads dan penasaran sangat dengan hasil akhirnya. Ah, tidak dulu, tidak sekarang. 

Blog ini trafiknya masih secuil dengan jumlah konten yang sedikit pula. Bilamana diterapkan auto ads yang ada malah kebanyakan iklan dan kontennya malah tertutupi oleh iklan. Pendapatan mungkin meningkat tapi kontennya tak terbaca oleh pengunjung, no! tidak akan saya pasang dulu.

Bagi pengguna custom blogger template macam saya, dalam menerapkan adsense auto ads perlu ada banyak hal lagi yang harus di enhance supaya semua berjalan dengan baik, siapkan template yang support dengan baik terlebih dahulu, ganti template dan terapkan auto ads. Saya rasa ini jalan terbaik bagi para pengguna blogspot.

Tambahan, setelah saya mencoba menerapkan kode adsense auto ads ini kesan - kesanya:

auto ads ini bermanfaat sekali untuk meningkatkan pendapatan. dari 0 rupiah dalam sekejap berubah menjadi 105 ribu sehari namun sayangnya, fitur auto ads ini ternyata merender banyak sekali kode javascript sehingga sangat sulit untuk kita maintain kecepatan situs

Silahkan berexperimen sendiri untuk membukatikan ini.



Copyright © IWebTuts All right reserved | Advertise Here | Back to the top